Minggu, 24 November 2019

Ayam Betutu bali

Ayam betutu BaliHallo fooders, Liburan ke Bali, menikmati berbagai objek wisata serta sejumlah tempat rekreasi lainnya maka acara jalan-jalan tour anda tersebut tidak bisa dipisahkan dengan wisata kuliner, memilih sejumlah tempat yang sesuai merasakan hidangan spesial dan berbeda yang menjadi ciri khas pulau Bali tentu akan menjadi hal yang istimewa pula. Dan makanan khas Bali yang paling populer dan hits bagi wisatawan domestik adalah masakan ayam betutu.
Makanan khas Bali ayam betutu ini memang menyuguhkan cita rasa ayam yang sangat gurih dan enak, cara memasaknya juga berbeda dan membutuhkan sedikit keahlian agar menghasilkan masakan yang sesuai dengan keinginan. Durasi memasak ayam tersebut juga lebih lama dibandingkan memasak daging ayam lainnya, ayam yang paling enak adalah jenis ayam kampung. Jika memang anda ingin menikmati kelezatan dari ayam betutu Bali ini ada restaurant atau warung makan tertentu yang menyediakan sajian makanan khas Bali ini.
Daging ayam memang memiliki banyak keistimewaan karena bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan, serat daging yang halus dengan tekstur sedang serta kandungan lemak yang minim terdapat pada luar daging sehingga cukup mudah untuk dipisahkan. Kandungan protein pada daging ayam memang cukup tinggi yang juga cukup mudah diserap oleh usus. Intinya daging ayam memiliki mutu gizi yang baik bagi tubuh.
Ayam Betutu – Makanan Khas Bali
Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti ayam goreng, panggang, sate, sup termasuk masakan betutu yang diolah spesial dengan bumbu atau rempah-rempah tradisional, sehingga cita rasa ayam betutu ini memang sangat spesial di lidah. Ada berbagai cara mengolah ayam betutu khas Bali ini agar terasa lebih spesial, ada yang dikukus kemudian dibakar sehingga menghasilkan cita rasa lebih spesial, dengan bahan utama daging ayam utuh yang sudah dibersihkan. Jika ingin menambahkan sayur dibagian dalam perut ayam yang sudah dikeluarkan isi jeroannya, dimasukkan daun singkong dicampur juga dengan bumbu.
Sehingga bumbu dari ayam betutu tersebut tidak hanya meresap dari luar tetapi juga dari dalam, lama waktu memasak juga mempengaruhi empuk dan gurihnya hasil masakan ayam betutu yang dimasak. Saat penyajian, kuah atau sup dari kaldu ayam yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah pilihan menambah cita rasanya lebih kuat dan terasa gurih di lidah, terkadang untuk selera pedas selain bumbu yang disertakan juga sambal tambahan disertakan, sehingga rasanya menjadi lebih sempurna dan istimewa. Sehingga kuliner khas Bali yang satu ini paling dicari dan populer saat ini, apalagi bagi warga lokal dan wisatawan domestik.
Ayam atau bebek betutu sendiri cara mengolahnya ada yang kering dengan cara dikukus sehingga tidak banyak mengandung air dan ada juga yang basah dengan cara direndam dan direbus sekalian dengan bumbu rempah-rempah khas Bali yang sudah dikombinasikan. Dimasak dengan durasi lebih lama sehingga nantinya daging yang dihasilkan benar-benar empuk dan lembut. Jika ingin selera pedas tentu disesuaikan dengan cabai yang digunakan.
Resep Masakan Ayam Betutu Bali
Ada berbagai cara memasak serta bumbu yang disertakan dalam pengolahan ayam betutu Bali ini, sehingga masakan menghasilkan cita rasa dengan keunikan dan kelezatan masing-masing.  Banyak jenis bumbu dan cara setiap tempat tentu sedikit berbeda.
Memasak ayan betutu dengan cara mengukus, adapun bahan-bahan yang digunakan, pertama tentu ayam utuh seberat 1 kg, jika ingin menambah sayur siapkan 100 gram daun singkong yang sudah diperas dan di potong-potong. Bumbu dan rempah diantaranya 12 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 6 buah kemiri, 4 buah cabai merah, 5 buah cabai , 1 cm lengkuas kemudian kunyit, jahe, daun serai, ketumbar, kencur, pala, terasi dan garam secukupnya, bumbu ini dihaluskan dan ditambahkan minyak 3 sdm minyak goreng.
Setelah bumbu dihaluskan, lumuri permukaan daging ayam dengan merata dan masukkan daun singkong berikut bumbu yang sudah disediakan dan daging ayam dibungkus menggunakan daun pisang atau bisa dengan pelepah daun enau yang sudah dikeringkan agar bumbu yang dioleskan tidak jatuh, setelah siap, ayam dikukus dalam waktu cukup lama, selesai dikukus ayam diangkat berikut pembungkusnya kemudian dipanggang, sehingga menghasilkan ayam betutu kering, waktu masak ayam dengan cara ini butuh waktu sekitar 75 menit. Tetapi jika anda ayam betutu basah maka ayam atau bebek utuh yang digunakan direbus, berikut bumbu yang sudah disiapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Watch my video